Telepon: 021-7401925 Ext. 1714

Perpustakaan FITK

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

SKRIPSI PENGARUH METODE GUIDED INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA KONSEP KALOR (Kuasi Eksperimen di SMP Negeri 3 Kota Tangerang Selatan)

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode guided inquiry
terhadap keterampilan proses sains siswa pada konsep kalor. Aspek keterampilan
proses sains yang digunakan dalam penelitian ini meliputi keterampilan
mengamati, menafsirkan, menerapkan konsep, dan melakukan komunikasi.
Sekolah yang dipilih adalah SMP Negeri 3 Kota Tangerang Selatan pada tahun
pelajaran 2011-2012. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen.
Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel yang
digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VII-4 sebagai kelas eksperimen dan
kelas VII-1 sebagai kelas kontrol. Penelitian menggunakan instrumen tes berupa
soal pilihan ganda sebanyak 20 soal yang memuat indikator keterampilan proses
menafsirkan, menerapkan konsep dan melakukan komunikasi. Instrumen nontes
berupa pedoman observasi kinerja yang memuat indikator keterampilan proses
mengobservasi. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan uji t, sedangkan
data hasil instrument nontes pedoman observasi dianalisis secara kualitatif. Hasil
penelitian ini menyimpulkan bahwa metode guided inquiry berpengaruh terhadap
keterampilan proses sains siswa pada konsep kalor. Hal ini terlihat dari hasil
perhitungan uji hipotesis melalui uji t pada tingkat kepercayaan 0,95 (α = 0,05)
dengan hasil t tabel ≤ t hitung yaitu 2,00 ≤ 8,40 sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak,
karena itu hipotesis alternatif (Ha) diterima. Selain itu, terlihat juga dari hasil
pedoman kinerja pada aspek mengobservasi, diperoleh nilai rata-rata kinerja
sebesar 78,75% yang berada pada kategori baik.
Ketersediaan
s20Perpustakaan FITK PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

-

Penerbit

: .,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

NONE

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Subyek

FISIKA 530

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Share :


E-Jurnal Link

E-Library Link