Telepon: 021-7401925 Ext. 1714

Perpustakaan FITK

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

SKRIPSI PENGARUH MEDIA KUIS INTERAKTIF BERBANTUAN KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA KONSEP SUHU DAN KALOR

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media kuis interaktif
berbantuan komputer terhadap hasil belajar fisika siswa pada konsep suhu dan
kalor. Penelitian dilaksanakan di SMA AL-HASRA. Sampel dalam penelitian ini
adalah kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 3 sebagai kelas
kontrol. Sampel tersebut ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling.
Penelitian berlangsung pada bulan April sampai bulan Mei 2015. Instrumen
penelitian yang digunakan adalah instrumen tes berupa pilihan ganda dan nontes
berupa angket. Data hasil instrumen tes dianalisis secara kuantitatif menggunakan
uji analisis statistik dengan uji t, sedangkan data hasil instrumen nontes dianalisis
secara kuantitatif, menghasilkan data berupa persentase, kemudian dikonversi
menjadi data kualitatif. Berdasarkan analisis data tes, diperoleh bahwa thitung >
ttabel. Artinya, terdapat pengaruh media kuis interaktif berbantuan komputer
terhadap hasil belajar fisika siswa pada konsep suhu dan kalor. Selain itu,
pembelajaran menggunakan media kuis interaktif juga unggul dalam
meningkatkan ranah kognitif C1 (mengingat), C2 (memahami), C3 (menerapkan)
dan C4 (menganalisis). Hasil analisis data nontes menunjukkan respon siswa
terhadap media kuis interaktif berbantuan komputer dalam proses pembelajaran
suhu dan kalor secara keseluruhan memperoleh hasil dengan kategori baik.
Ketersediaan
s21Perpustakaan FITK PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

-

Penerbit

: .,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

NONE

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Subyek

FISIKA 530

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Share :


E-Jurnal Link

E-Library Link