SKRIPSI PENGARUH MEDIA KUIS INTERAKTIF BERBANTUAN KOMPUTER
TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA
PADA KONSEP SUHU DAN KALOR
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media kuis interaktif
berbantuan komputer terhadap hasil belajar fisika siswa pada konsep suhu dan
kalor. Penelitian dilaksanakan di SMA AL-HASRA. Sampel dalam penelitian ini
adalah kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 3 sebagai kelas
kontrol. Sampel tersebut ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling.
Penelitian berlangsung pada bulan April sampai bulan Mei 2015. Instrumen
penelitian yang digunakan adalah instrumen tes berupa pilihan ganda dan nontes
berupa angket. Data hasil instrumen tes dianalisis secara kuantitatif menggunakan
uji analisis statistik dengan uji t, sedangkan data hasil instrumen nontes dianalisis
secara kuantitatif, menghasilkan data berupa persentase, kemudian dikonversi
menjadi data kualitatif. Berdasarkan analisis data tes, diperoleh bahwa thitung >
ttabel. Artinya, terdapat pengaruh media kuis interaktif berbantuan komputer
terhadap hasil belajar fisika siswa pada konsep suhu dan kalor. Selain itu,
pembelajaran menggunakan media kuis interaktif juga unggul dalam
meningkatkan ranah kognitif C1 (mengingat), C2 (memahami), C3 (menerapkan)
dan C4 (menganalisis). Hasil analisis data nontes menunjukkan respon siswa
terhadap media kuis interaktif berbantuan komputer dalam proses pembelajaran
suhu dan kalor secara keseluruhan memperoleh hasil dengan kategori baik.
s21 | | Perpustakaan FITK Pusat | Tersedia |
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain