Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggnaan multimedia
interaktif terhadap pemahaman konsep siswa pada konsep listrik dinamis.
Penelitian dilaksanakan di SMA Islam Cikal Harapan I BSD tahun ajaran
2013/2014. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain
nonrandomized control group pretest-posttest design. Sampel penelitian ini
adalah siswa kelas X-2 sebagai kelompok eksperimen yang memanfaatkan
multimedia pembelajaran dan siswa kelas X-4 sebagai kelompok kontrol yang
menggunakan metode konvensional. Sampel penelitian berjumlah 17 siswa untuk
kelas eksperimen dan 17 siswa untuk kelas kontrol.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes objektif tipe pilihan
ganda dengan lima pilihan (option) yang digunakan untuk mengukur tingkat
pemahaman konsep fisika siswa pada listrik dinamis.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan, penggunaan multimedia ineraktif
dapat meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa lebih baik dibandingkan
kelompok siswa yang tidak memanfaatkan multimedia interaktif (konvensional)
pada konsep listrik dinamis.