SKRIPSI PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP
KREATIVITAS SISWA
(Kuasi Eksperimen pada Kelas IX di MTs Al-Baqiyatussholihat)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan
kontekstual terhadap kreativitas siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Al-
Baqiyatussholihat Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi
eksperimen (eksperimen semu) dengan desain penelitian pretest-posttest group
design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling
Sampel penelitian berjumlah 23 orang (kelompok eksperimen) dan 23 orang
(kelompok kontrol). Instrumen penelitian berupa tes kreativitas siswa dan nontes
berupa angket. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest
kelompok eksperimen sebesar 72,80 dan kelompok kontrol sebesar 52,39. Dari
Hasil Uji-t, diperoleh t-hitung sebesar 4,82, sedangkan t-tabel dengan taraf signifikasi
5% dan derajat kebebasan (dk) = 44 sebesar 1,67 (t-hitung > t-tabel), maka hipotesis
alternatif (Ha) diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh
pendekatan kontekstual terhadap kreativitas siswa.
s24 | | Perpustakaan FITK Pusat | Tersedia |
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain