SKRIPSI PENGARUH MODEL HANDS-ON ACTIVITIES
TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS
(KPS) SISWA
PADA KONSEP FLUIDA
Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Hands-on
Activities terhadap keterampilan proses sains (KPS). Aspek KPS yang digunakan
dalam penelitian ini meliputi mengamati, menggolongkan, menafsirkan,
menerapkan konsep, dan menyimpulkan. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2
Serang dengan metode quasi eksperimen yang menggunakan desain pretestposttest
control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel
bertujuan (purposive sampling). Sampel yang digunakan sebanyak 60 siswa
terbagi menjadi dua kelompok yaitu 30 orang dari kelas XI IPA 1 sebagai kelas
eksperimen dan 30 orang dari kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen
yang digunakan terdiri dari: instrumen butir soal untuk mengukur KPS, lembar
observasi untuk mengetahui aktivitas siswa, dan instrumen pembelajaran berupa
RPP dan LKS Hands-on Activities. Pengolahan data untuk uji persyaratan analisis
data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Sedangkan untuk analisis
data menggunakan uji t untuk data yang normal dan homogen, dan uji statistik
nonparametrik untuk data yang tidak normal. Dalam penelitian ini diperoleh skor
rata-rata pretest kelompok eksperimen 42,13 dan skor rata-rata pretest kelompok
kontrol 44,1, skor rata-rata posttest kelompok eksperimen 69,33 dan skor rata-rata
posttest kelompok kontrol 56,10 dengan rata-rata N-gain sebesar 0,5 (sedang)
pada kelompok eksperimen dan 0,23 (rendah) pada kelompok kontrol. Dari hasil
perhitungan uji analisis statistik yaitu uji t, pada taraf signifikansi (α) = 0,05,
didapatkan thitung > ttabel yaitu 8,68 > 2,00, sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan
hipotesis alternatif (Ha) diterima, maka dapat disimpulkan model hands-on
activities berpengaruh terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa pada
konsep fluida.
s26 | | Perpustakaan FITK Pusat | Tersedia |
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain