SKRIPSI PENGARUH LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP KALOR
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan pengaruh Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa pada konsep kalor. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 56 Jakarta pada kelas VII-D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-E sebagai kelas kontrol dengan jumlah masing-masing siswa tiap kelas yaitu 35 orang. Penelitian ini dilakukan pada bulan november tahun 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest kontrol group design dan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa test objektif pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji-t, pada taraf signifikan 0,05 didapat hasil thitung > ttabel yaitu 5,32 > 2,00 sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada konsep kalor.
s27 | | Perpustakaan FITK Pusat | Tersedia |
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain