SKRIPSI PENGARUH PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
PADA KONSEP TEKANAN
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan konstruktivisme terhadap hasil belajar IPA Fisika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen kelas kontrol dan eksperimen purpossive sampel desain pretest-posttest. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Parung Tahun Ajaran
2013/2014. Adapun yang menjadi sampel penelitian adalah siswa kelas VIII-4, sebagai kelompok eksperimen yang diberi pendekatan pembelajaran konstruktivisme dan siswa kelas VIII-3 yang diberi pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal pilihan ganda sebanyak 22 butir soal. Pengujian normalitas menggunakan uji liliefors menunjukan bahwa data terdistribusi secara normal. Uji homogenitas dengan menggunakan uji fisher menunjukan bahwa sampel bersifat homogen. Kemudian uji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikan α = 5 % diperoleh nilai t hitung = 3,27. Nilai ttabel untuk dk = 66 pada taraf signifikansi 5
% adalah 1,70. Sedangkan kriteria pengujiannya adalah Ho ditolak jika nilai thitung
lebih besar dari ttabel. Karena hasil data diatas menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan konstruktivisme berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
s28 | | Perpustakaan FITK Pusat | Tersedia |
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain