Telepon: 021-7401925 Ext. 1714

Perpustakaan FITK

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

SKRIPSI PENGARUH HYPERMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP DUALISME GELOMBANG-PARTIKEL (Kuasi Eksperimen di SMA Negeri 1 Jasinga)

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hypermedia terhadap hasil
belajar siswa SMA pada konsep dualisme gelombang-partikel. Penelitian ini
dilaksanakan di SMA Negeri 1 Jasinga. Dalam penelitian ini yang menjadi kelas
eksperimen adalah kelas XII IPA 3, sedangkan yang menjadi kelas kontrol adalah
kelas XII IPA 4. Penentuan sampel dalam penelitian ini berdasarkan teknik
purpossive sampling. Penelitian berlangsung pada bulan November sampai
Desember 2014. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa tes
objektif pilihan ganda dan instrumen nontes berupa angket. Data hasil instrumen
tes dianalisis secara kuantitatif, sedangkan data hasil instrumen nontes dianalisis
secara kuantitatif, menghasilkan data berupa persentase yang kemudian dikonversi
menjadi data kualitatif. Berdasarkan analisis data tes, disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh hypermedia terhadap hasil belajar siswa SMA pada konsep dualisme
gelombang-partikel. Hal tersebut didasarkan pada hasil uji hipotesis menggunakan
uji Mann-Whitney terhadap data posttest. Nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0.041,
sedangkan nilai taraf signifikansi sebesar 0.05 atau Sig.(2-tailed) < 0.05.
Pembelajaran menggunakan hypermedia unggul dalam meningkatkan jenjang
kognitif C1 (mengingat), C3 (menerapkan), dan C4 (menganalisis). Respon siswa
terhadap penggunaan hypermedia dalam proses pembelajaran fisika pada konsep
dualisme gelombang-partikel berada dalam kategori baik.
Ketersediaan
s29Perpustakaan FITK PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

-

Penerbit

: .,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

NONE

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Subyek

FISIKA 530

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Share :


E-Jurnal Link

E-Library Link