SKRIPSI PENGARUH E-MODULE BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP
HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP FLUIDA STATIS
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-module berbasis contextual teaching and learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa pada konsep fluida statis. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 SMA Negeri 2 Pandeglang. Penelitian ini berlangsung pada Januari 2015. Instrumen yang digunakan adalah intrumen tes berupa tes objektif tipe pilihan ganda dan instrumen nontes berupa angket. Berdasarkan analisis data tes, diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh e-module berbasis contextual teaching and learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa pada konsep fluida statis. Hal tersebut berdasarkan pada hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t terhadap data posttest. Hasilnya adalah nilai thitung sebesar 4,21 dan nilai ttabel sebesar 2,00. Terlihat bahwa nilai thitung > ttabel. Selain itu, rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan e-module berbasis contextual teaching and learning lebih tinggi dibandingkan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan buku paket. Hasil belajar siswa kelas eksperimen juga lebih unggul pada ranah kognitif tingkatan C1 (mengingat), C2 (memahami), C3 (menerapkan), dan C4 (menganalisis). Selanjutnya, berdasarkan analisis data nontes dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan penggunaan e-module berbasis contextual teaching and learning dalam pembelajaran fisika pada konsep fluida statis memperoleh respon pada kategori baik sekali.
S01 | | Perpustakaan FITK Pusat | Tersedia |
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain