SKRIPSI PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA
BERBASIS KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA
PADA KONSEP ALAT-ALAT OPTIK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran fisika berbasis
komputer dengan perpaduan Software Ispring Presenter terhadap hasil belajar
siswa pada konsep Alat-alat Optik. Dilaksanakan pada bulan Maret 2013.
Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain pretest dan
posttest. Pengambilan data sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Cluster
Random Sampling. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa untuk kelas eksperimen
dan 30 siswa untuk kelas kontrol. Pengambilan data menggunakan instrumen tes
berupa pilihan ganda, analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian diperoleh
thitung > ttabel 2,01 dengan α = 5% yang berarti Ho ditolak. Rata-rata
peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol 60,5.
Sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima yaitu terdapat pengaruh penggunaan
media pembelajaran fisika berbasis komputer terhadap hasil belajar fisika siswa
pada konsep alat-alat optik. Disarankan kepada pihak sekolah hendaknya
memberikan dukungan pada penggunaan media pembelajaran berbasis komputer,
sehingga pembelajarannya lebih inovatif dan tidak membosankan, dan diharapkan
siswa dapat termotivasi dan tidak merasa bosan. kegiatan belajar menjadi sangat
fleksibel karena dapat disesuaikan dengan ketersediaan waktu para siswa.
s31 | | Perpustakaan FITK Pusat | Tersedia |
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain