PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY
SKRIPSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP
GELOMBANG
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis
augmented reality terhadap hasil belajar siswa pada konsep gelombang. Penelitian
ini dilakukan di kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3 SMA Negeri 5 Tangerang Selatan.
Penelitian ini dilaksanakan pada Januari 2015. Instrumen yang digunakan adalah
tes objektif tipe pilihan ganda dan instrumen non tes berupa angket. Berdasarkan
analisis data tes, diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh yang signifikan
penggunaan media pembelajaran berbasis augmented reality terhadap hasil belajar
siswa pada konsep gelombang. Hal tersebut didasarkan pada hasil uji hipotesis
dengan menggunakan uji t terhadap data posttest. Hasilnya adalah nilai thitung
sebesar 3,83 dan nilai ttabel sebesar 2,00. Terlihat bahwa nilai thitung > ttabel. Selain
itu, nilai rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran
berbasis augmented reality lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata hasil belajar
siswa tanpa menggunakan media pembelajaran berbasis augmented reality. Hasil
belajar siswa kelompok eksperimen juga lebih unggul pada ranah kognitif
tingkatan C1 (mengingat), C2 (memahami), C3 (menerapkan), dan C4
(menganalisis). Selanjutnya, berdasarkan analisis data nontes, dapat disimpulkan
bahwa secara keseluruhan penerapan media pembelajaran berbasis augmented
reality dalam pembelajaran fisika konsep gelombang memperoleh respon baik.
s32 | | Perpustakaan FITK Pusat | Tersedia |
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain