SKRIPSI PENGARUH HYPERMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR
SISWA PADA KONSEP KESEIMBANGAN BENDA TEGAR
(Kuasi Eksperimen di SMAN 5 Tangerang Selatan)
MARWAZI - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hypermedia terhadap hasil
belajar siswa pada konsep keseimbangan benda tegar. Penelitian ini dilakukan di
kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3 SMA Negeri 5 Tangerang Selatan. Penelitian ini
dilaksanakan pada Januari 2015. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif
tipe pilihan ganda dan instrumen non tes berupa angket. Berdasarkan analisis data
tes, diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan
hypermedia terhadap hasil belajar siswa pada konsep keseimbangan benda tegar.
Hal tersebut didasarkan pada hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t
terhadap data posttest. Hasilnya adalah nilai thitung sebesar 2,49 dan nilai ttabel
sebesar 2,00. Terlihat bahwa nilai thitung > ttabel. Selain itu, nilai rata-rata hasil
belajar siswa yang menggunakan hypermedia lebih tinggi dibandingkan nilai ratarata
hasil belajar siswa tanpa menggunakan hypermedia. Hasil belajar siswa
kelompok eksperimen juga lebih unggul pada ranah kognitif tingkatan C1
(mengingat), C3 (menerapkan), dan C4 (menganalisis). Selanjutnya, berdasarkan
analisis data nontes, dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan penerapan
hypermedia dalam pembelajaran fisika konsep keseimbangan benda tegar
memperoleh respon baik.
s33 | | Perpustakaan FITK Pusat | Tersedia |
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain