SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING
IN SCIENCE (CLIS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
PADA KONSEP GETARAN DAN GELOMBANG
(Kuasi Eksperimen di MTs Sa’adatul Mahabbah Pamulang)
LENI - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS)
terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di MTs. Sa’adatul Mahabbah
Pamulang Kota Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
Quasi Eksperimen. Pada penelitian ini sampel diambil sebanyak 60 orang dengan
menggunakan teknik purposive sampling dan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu
kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen penelitian yang
digunakan berupa tes objektif bentuk pilihan ganda. Tes ini terdiri dari empat
pilihan (opsi) dan hasilnya diuji melalui statistik uji “t”.Dari hasil perhitungan
diperoleh nilai thitung sebesar 3,27 sedangkan ttabel sebesar 1,98 pada taraf
signifikansi 0,05 atau dapat diketahui thitung > ttabel. Maka dapat disimpulkan bahwa
Ha yang menyatakan terdapat pengaruh model pembelajaran Children Learning In
Science (CLIS) terhadap hasil belajar siswa diterima atau disetujui. Hal ini
menunjukan bahwa model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS)
membawa pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa
s34 | | Perpustakaan FITK Pusat | Tersedia |
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain