SKRIPSI PENGEMBANGAN THREE-TIER TEST DIGITAL UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI PADA KONSEP FLUIDA STATIS
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan instrumen digital three-tier test untuk mengidentifikasi miskonsepsi pada konsep fluida statis. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian pengembangan. Tahapan pengembangan yang digunakan adalah tahapan menurut Van den Akker, yang terdiri dari (1) penelitian pendahuluan, (2) tahap prototipe, (3) evaluasi sumatif, dan (4) refleksi sistematik serta dokumentasi. Penelitian dilakukan di 4 SMA Negeri di Jakarta Selatan. Penelitian pengembangan ini menghasilkan instrumen digital three-tier test sebanyak 17 butir soal pada konsep fluida statis, analisis miskonsepsi dan petunjuk pengguaan. Instrumen yang dikembangkan efektif karena memenuhi validitas konten (CVI = 0,9), validitas konstruksi (r = 0,6), dan validitas butir soal (r > 0,4). Berdasarkan tahapan penelitian, instrumen tes digital sudah praktis dan siap diimplementasikan. Penerimaan guru dan siswa terhadap instrumen digital three-tier test memberikan respon yang positif, dengan penerimaan 100% untuk guru dan 66,7% untuk siswa.
s38 | | Perpustakaan FITK Pusat | Tersedia |
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain