Telepon: 021-7401925 Ext. 1714

Perpustakaan FITK

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING SKRIPSI TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KONSEP KALOR

No image available for this title
Implementasi Kurikulum 2013 bertujuan untuk mengembangkan potensi siswa
dalam sikap, pengetahuan, dan keterampilan, serta berorientasi pada pendekatan
saintifik yang menginspirasi siswa untuk berpikir secara kritis. Namun,
keterampilan berpikir kritis belum dibiasakan di sekolah. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap
keterampilan berpikir kritis siswa pada konsep kalor. Penelitian ini dilaksanakan
di SMA Negeri 9 Bekasi tahun ajaran 2014/2015. Metode penelitian ini
menggunakan metode eksperimen semu dengan non-equivalent control group
design. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, di mana
kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran
inquiry training dan X MIA 2 sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran
Kurikulum 2013. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes keterampilan
berpikir kritis dalam bentuk tes subjektif (esai) dan non-tes berupa lembar
observasi keterlaksanaan model pembelajaran inquiry training. Instrumen tes
dianalisis dengan uji t-pasangan, sedangkan instrumen non-tes dianalisis secara
kualitatif dan dikonversi ke dalam bentuk kuantitatif. Berdasarkan analisis data,
hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran
inquiry training terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada konsep kalor, di
mana thitung = 12,59 dan ttabel pada taraf signifikan 5% (n = 39) sebesar 2,02. Nilai
thitung > ttabel sehingga H0 ditolak. Rata-rata nilai kelas eksperimen lebih tinggi
dibandingkan dengan kelas kontrol. Dengan demikian, penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa model pembelajaran inquiry training dapat mempengaruhi
dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, khususnya pada indikator
dalam menjelaskan bentuk definisi berupa operasional (persamaan).
Ketersediaan
S340Perpustakaan FITK PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

-

Penerbit

: .,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

NONE

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Subyek

fisika

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Share :


E-Jurnal Link

E-Library Link