SKRIPSI PENGARUH METODE EKSPERIMEN DISKUSI (ED)
SKRIPSI TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA
KONSEP GERAK HARMONIK SEDERHANA
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan proses sains yang
dimiliki oleh siswa, hal ini dikarenakan kurangnya keterlibatan siswa dalam
pembelajaran, sehingga dilakukan penelitian dengan menggunakan metode
Eksperimen Diskusi (ED) sebagai salah satu alternatif pembelajaran aktif yang
diharapkan dapat melatih keterampilan proses sains siswa. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode Eksperimen Diskusi (ED) terhadap
keterampilan proses sains siswa pada konsep gerak harmonik sederhana.
Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 4 Karawang tahun ajaran 2014/2015.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental
dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Sampel pada
penelitian ini yaitu 32 siswa pada kelas eksperimen dan 34 siswa pada kelas
kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan observasi keterampilan
proses sains. Hasil uji hipotesis data Posttest didapatkan thitung = dan ttabel = 2,00
sehingga thitung > ttabel. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh metode Eksperimen Diskusi (ED) terhadap keterampilan proses sains
siswa pada konsep gerak harmonik sederhana.
s39 | | Perpustakaan FITK Pusat | Tersedia |
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain